Bendera kampanye membahayakan ?

13 09 2007

Sudah beberapa hari terakhir, setiap melintasi Flyover selalu terlihat kibaran bendera-bendera partai yang jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan yang memenuhi pagar pembatas. Setiap bendera diikatkan pada sebatang bambu atau kayu sebagai tiang, dan tiang tersebut diikatkan pada pagar pembatas jalan dengan hanya menggunakan tali rafia. Selintas, orang awam mungkin tidak akan menyadari bahwa sebenarnya bahaya siap mengincar para pengguna jalan, khususnya para pengendara sepeda motor. Kenapa berbahaya ?

 

  • Pemasangan yang kurang cermat, sehingga ada beberapa tiang bendera yang ujung paling bawah nyelonong ke arah jalan karena ikatannya terputus atau terlepas. Batang tiang yang menjorok ke arah jalan itu bisa saja mengenai pengendara sepeda motor yang sering menggunakan lajur sebelah kiri, walaupun sampai saat ini belum pernah telihat langsung ada kejadian seperti itu.
  • Kibaran bendera, apabila arah angin menuju ke arah badan jembatan/jalan, maka secara otomatis kibaran bendera juga mengarah ke arah badan jalan. Dan lagi-lagi para pengendara motor menjadi korbannya karena banyak yang mengambil jalur paling kiri ( dekat dengan pagar pembatas ), terlebih jika bendera itu diikatkan pada tiang yang tidak begitu tinggi sehingga membuat kibaran bendera tersebut sukses mampir ke depan muka pengendara sepeda motor.

  • Penggunaan material ala kadarnya, seperti kayu atau bambu yang mudah patah dan tali rafia yang tergolong kualitas rendah untuk mengikat tiang. Sampai hari ini, sudah terlihat beberapa tiang bendera patah karena tidak kuat menahan kibaran bendera pada saat angin kencang. Apabila tiang yang patah/bengkok itu menjorok ke arah luar badan jalan hal itu mungkin tidak menyebabkan masalah yang berarti buat para pengguna jalan di atas flyover, tapi patahan tersebut bisa jatuh ke bawah yang merupakan badan jalan juga dan dapat mengenai pengguna jalan di samping flyover. Lebih parah lagi apabila tiang yang bengkok tersebut menjuntai ke arah badan jalan, karena posisinya akan melintang dan memakan jalan. Juga apabila tiang tersebut patah dan patahan tiang itu masuk ke badan jalan, maka akan menimbulkan reaksi spontan para pengguna jalan baik motor atau mobil untuk menghindari menginjak patahan tiang tersebut. Reaksi yang tiba-tiba ini bisa saja menyebabkan kecelakaan beruntun karena ketidaksiapan para pengguna jalan akibat hal-hal yang diluar perkiraan mereka.


Entah, sampai kapan mereka akan memasang bendera-bendera partai atau ormas tersebut. Kalau tujuannya mereka hanya untuk membuat masyarakat tahu atau menarik perhatian akan keberadaan partai/ormas tersebut, maka mereka berhasil melakukannya. Namun mereka juga berhasil membuat para pengguna jalan merasa was-was, khususnya para pengendara sepeda motor, ketika melewati barisan bendera yang berkibar dan berharap tidak terjadi sesuatu dalam diri pengendara tersebut. Kita berharap tim sukses tiap-tiap partai/ormas dapat lebih kritis terhadap segala cara kampanye yang mereka jalankan, dengan mempertimbangkan untuk lebih mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan partai/ormas.

 

Photo sourcing : http://digitalmbul.com/blogs/?p=181


Actions

Information

6 responses

13 09 2007
caplang™

emang yg ada di situ punya partai/ormas mana aja?😀

13 09 2007
privateeronboard

Emang boleh nyebutin ya ? hehehehehe… ga papa kali ye di sebut… lha wong keliatan jelas gitu kok.. yg gw liat tuh Partai Demokrat, Parta Nurani Umat, Partai Matahari Bangsa dan Pemuda Pancasila… tapi sebelum itu semua, hampir semua partai dan beberapa ormas pernah kok melakukan hal yang sama…

17 09 2007
Rio Octaviano

http://digitalmbul.com/blogs/?p=181

ni bro…
gue bantuin..
hehehehehehe…

17 09 2007
privateeronboard

Weleh…. makasih banyak nih Masbro Rio, gw emang blum sempet jeprat-jepret kondisi penempatan bendera-bendera kampanye tersebut…. jadi paling gak ada gambaran buat yang baca ya bagaimana sih situasi yang sebenernya… thanks bro.. websampeyan gw add di blogroll yaaa…

17 09 2007
harriansyah

orang partai ya😀

17 09 2007
privateeronboard

Orang Partai.? gw ? hahahahahaha… bukan donk ah.. khan privateer on board… jadi privateer di mana-mana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: